Evaluasi keberhasilan studi dimaksudkan untuk dapat mengetahui dan menentukan keberhasilan studi mahasiswa pada jangka waktu atau semester tertentu.

1. Evaluasi pada setiap Akhir Semester

Evaluasi ini dinyatakan dengan Indeks Prestasi (IP), dilakukan pada tiap akhir semester dan digunakan untuk menentukan kelanjutan mahasiswa pada semester-semester berikutnya.

2. Evaluasi Akhir Semester II

 Evaluasi akhir 2 (dua) semester pertama dilakukan terhadap mahasiswa setelah ‘ menempuh studi 1 (satu) tahun sejak pertama kali terdaftar (akhir Semester 11). Evaluasi ini digLnakan untuk menentukan dapat atau tidaknya seorang mahasiswa melanjutkan studinya. Untuk melanjutkan studi selanjutnya, setiap mahasiswa harus memenuhi persyaratan sebagai berikut

1. Telah mengambil minimal jumlah beban studi 18 sks

2. Nilai IPK > 3,00 (untuk 18 sks mata kuliah nilai terbaik)

Apabila persyaratan tersebut tidak dapat dipenuhi, maka mahasiswa yang bersangkutan tidak diperkenankan mengambil seluruh (12 sks) beban studi Semester-111, dan diharuskan mengulang mata-mata kuliah semester sebelumnya yang mempunyai nilai “C”, dan atau bernilai “B-” untuk diperbaiki. Pengulangan mata kuliah tersebut dikenai biaya sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

3. Evaluasi Akhir Semester III

 Evaluasi akhir Semester 111 dilakukan terhadap mahasiswa setelah menempuh studi 3 (tiga) semester sejak pertama kali terdaftar (Semester-111). Evaluasi ini digunakan untuk dapat atau tidaknya seorang mahasiswa melanjutkan studi  pada program S2. Untuk dapat melanjutkan studinya, setiap mahasiswa harus  memenuhi persyaratan sebagai berikut :

 1. Telah mengambil minimat jumlah beban studi > 30 sks.

 2. Nilai 1PK > 3,00

Apabila persyaratan tersebut tidak dapat dipenuhi, maka mahasiswa yang bersangkutan diharuskan mengulang mata-mata kuliah yang bernilai “C” dan atau “B-” untuk diperbaiki. Pengulangan mata kuliah tersebut dikenai biaya sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

 4. Evaluasi Akhir Program Studi

 Evaluasi akhir masa program studi dilakukan untuk menentukan selesainya program studi yang ditempuh. Untuk dapat dinyatakan telah menyelesaikan program studi, setiap mahasiswa harus memenuhi persyaratan sebagai berikut :

 1) Telah menyelesaikan seluruh beban studi 42 sks, termasuk 6 sks Tesis.

 2) Mempunyai IPK minimal 3,25;

3) Memiliki kemampuan bahasa Inggris dengan skor TOEFL minimal 500

4) Telah lulus ujian sidang tesis;

 5) Telah memenuhi semua ketentuan administrasi akademik dan keuangan;

 6) Batas masa studi 6 (enam) semester yang diperkenankan belum terlampaui. Apabila sampai dengan batas waktu yang telah ditentukan persyaratan tersebut tidak dapat dipenuhi, maka mahasiswa yang bersangkutan dinyatakan tidak lulus dan diberhentikan tanpa syarat.

Close Menu