Pengertian Dasar Sistem Kredit Semester

1.      Sistem Kredit Semester (SKS) Adalah suatu sistem penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran di perguruan tinggi yang dinyatakan dalam satuan kredit semester (SKS). Semester adalah satuan waktu terpendek untuk menyatakan lamanya suatu program pendidikan dalam suatu jenjang studi. Satu semester berlangsung selama lebih kurang 16 minggu kerja efektif. Besarnya SKS dibedakan untuk tiap metode pendidikan dan pengajaran, seperti kuliah, seminar usulan penelitian, dan ujian laporan penelitian tesis.

 

2.      Kegiatan perkuliahan 1 (satu) SKS ditetapkan setara dengan beban studi 3 (tiga) kegiatan setiap minggunya selama 1 (satu) semester. Berikut penjelasannya

        Satu jam kegiatan tatap muka yang dijadwalkan, termasuk 10 menit istirahat.

        Satu jam kegiatan akademik terstruktur yang sebaliknya terjadwal, di bawah bimbingan dosen pengajar yang bersangkutan, misalnya pemberian dan pengerjaan soal-soal latihan, pemberian tugas-tugas, diskusi kelompok, simulasi dan sebagainya.

        Satu jam kegiatan mandiri mahasiswa, dengan petunjuk dosen yang bersangkutan, misalnya membaca, kegiatan kelompok belajar dan sebagainya.

 

3.      Kegiatan Seminar besarnya 1 (satu) SKS kegiatan seminar setara dengan beban studi yang diselenggarakan tiap minggu selama 1 (satu) semester yang terdiri dari :

        Satu jam kegiatan tatap muka dengan pengajar yang bersangkutan, misalnya untuk bimbingan, penyajian dalam forum dan sebagainya.

        Dua jam kegiatan penulisan makalah.

 

4.      Kegiatan Penelitian, (Penulisan Tesis) besarnya 1 (satu) SKS kegiatan penelitian, penulisan tesis setara dengan kegiatan yang diselenggarakan 3-4 jam tiap minggu selama 1 (satu) semester, atau setara dengan 75-100 jam selama 1 bulan, termasuk penulisan laporan.

 

5.      Pengertian Beban Studi dan Masa Studi besar beban studi kumulatif untuk program Sarjana Strata-2 (S2) pada Program Pascasarjana Program Studi Magister Manajemen (MM) adalah 42 sks, dengan masa studi kumulatif 4 semester. Besarnya beban studi untuk program S2 ditetapkan secara paket, yaitu sebesar 12 sks atau 4 mata kuliah tiap semester.

 

6.      Pengertian Evaluasi Evaluasi keberhasilan studi dilaksanakan pada akhir semester dengan memperhitungkan nilai-nilai tugas, Kuis, kehadiran, Ujian Tengah Semester (UTS), dan Ujian Akhir Semester (UAS). Hasil penilaian ini menentukan nilai akhir setiap mata kuliah dan kegiatan akademik lainnya. Selanjutnya nilai tersebut digunakan untuk mengevaluasi keberhasilan studi mahasiswa dalam tiap semester yang dinyatakan dengan Indeks Prestasi (IP), serta dalam seluruh semester yang telah ditempuh yang dinyatakan dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK).

 

7.      Kelompok Mata Kuliah Kelompok mata kuliah Program Magister Manajemen (S2) terdiri dari 2 (dua) kelompok mata kuliah, yaitu :

        MKKM (Mata Kuliah Keahlian Manajemen) Kelompok MKKM yang terdiri atas mata kuliah yang relevan untuk memperkuat penguasaan dan memperluas wawasan kompetensi keilmuan manajemen atas dasar keunggulan kompetitif serta komparatif penyelenggaraan program studi bersangkutan.

        MKKK (Mata Kuliah Keahlian Konsentrasi) Kelompok yang terdiri atas mata kuliah relevan, bertujuan untuk memperkuat penguasaan dan memperluas wawasan kompetensi keahlian khusus bidang manajemen tertentu sesuai dengan keunggulan kompetitif serta komparatif penyelenggaraan program studi dan konsentrasi.

8.      Kalender Akademik Tahun akademik dimulai pada bulan Oktober. Setiap tahun akademik dibagi menjadi 2 (dua) semester, yaitu semester ganjil dan semester genap. Kalender akademik merupakan jadwal penyelenggaraan program akademik untuk jangka waktu satu tahun akademik.

 

9.      Jadwal Kuliah Jadwal Kuliah adalah jadwal pengaturan pelaksanaan pendidikan dan pengajaran termasuk ujian (UTS dan UAS) untuk jangka waktu 1 (satu) semester terdiri dari 12 tatap muka, yang disusun berdasarkan kurikulum Program Pascasarjana Program studi Magister Manajemen, serta diumumkan selambat-lambatnya 1 (satu) minggu sebelum perkuliahan dimulai.

 

10. Penasehat Akademik (Dosen Wali) Dosen Penasehat Akademik (PA), yaitu dosen yang ditunjuk dan ditugaskan Ketua STIE EKUITAS atas usulan Direktur Program Pascasarjana untuk membimbing sejumlah mahasiswa dalam merencanakan atau melaksanakan program studinya. Dosen Wali mempunyai tugas dan tanggungjawab sebagai berikut :

1.     Memberi bimbingan kepada mahasiswa untuk menyusun rencana studi.

2.     Mengisi Formulir Rencana Studi (FRS) menjelaskan peraturan dan kebijaksanaan studi, memberi pertimbangan banyaknya beban SKS mata kuliah yang dapat diambil untuk semester yang akan berlangsung.

3.     Membantu, memacu, mengamati, dan mengendalikan kelancaran studi mahasiswa bimbingannya dalam hal kelancaran mengikuti perkuliahan, teknik mengikuti kuliah, cara dan teknik membaca buku, memperkenalkan sumber-sumber belajar, cara belajar dan pengaturan waktu yang tepat, menghitung, mencatat dan mengikuti perkembangan Index Prestasi Semester (IPS) dan index Prestasi Kumulatif (IPK) serta mengevaluasinya, mengikuti dan mengevaluasi keberhasilan studi, menyalurkan mahasiswa yang mempunyai hambatan belajar terhadap suatu mata kuliah kepada dosen pengajar mata kuliah tersebut.

4.     Memberikan penilaian dan bantuan dalam masalah-masalah yang berhubungan dengan kepribadian mahasiswa seperti perilaku, sikap, penyesuaian lingkungan, tata tertib dan lain-lain.

5.     Menyediakan waktu pertemuan yang terjadwal.

6.     Memberi saran-saran yang kreatif dan dapat menampung permasalahan akademik mahasiswa yang bersifat khusus.

7.     Menjadi perantara atau mentor dalam memecahkan permasalahan yang dihadapi mahasiswa.

8.     Membuat laporan tertulis dan lisan secara berkala kepada Direkur Program Pascasarjana.

  • Metode & Proses Pembelajaran
Close Menu